Politisi Inggris Ditangkap karena Bakar Al-Qur`an

Seorang anggota senior British National Party (BNP) yang membakar al-Qur`an di pekarangan rumahnya telah ditangkap, menyusul pemberitaan oleh Observer.

Rekaman aksi pembakaran al-Qur`an menunjukkan Sion Owens, warga Inggris yang tinggal di selatan Wales dan calon anggota legislatif setempat dalam pemilu mendatang, merendam al-Qur`an ke dalam minyak tanah lalu membakarnya.

Rekaman video itu dibocorkan ke Observer, lalu diteruskan ke Kepolisian Wales Selatan.

Sebuah pernyataan dari Kementerian Dalam Negeri yang dikutip Observer (09/4) berbunyi, “Pemerintah sangat mengecam pembakaran al-Qur`an tersebut. Tindakan itu sangat berlawanan dengan nilai-nilai masyarakat kita yang pluralis dan toleran.”

“Kami juga mengecam segala upaya yang berusaha menciptakan perpecahan antar komunitas dan kami bertekad menjamin bahwa setiap orang memiliki kemerdekaan untuk hidup dalam keadaan bebas dari rasa takut atau sasaran tindak kekerasan atau pelecehan berdasarkan alasan tertentu, misalnya agama.”

Owens, pria berusia 40 tahun itu menurut informasi resmi dari BNP pekan lalu, merupakan salah kandidat partai urutan ketiga tersebut yang akan ikut dalam pemilihan umum legislatif wilayah setempat. BNP dikenal sebagai partai neo-Nazi yang selalu menarget Islam dalam berbagai aktivitasnya.

Red: Fani
Sumber: Hidayatullah