Umm Al-Qura Gelar kampanye Hijab di Kampus

Universitas Umm Al-Qura Mekkah secara bertahap akan memberlakukan sankai kepada para mahasiswi yang tidak mengenakan hijab, sebagai bagian dari kampanye “Hijabku adalah ibadahku”.

Sumber-sumber universitas mengatakan, tidak ada spesifikasi tertentu tentang cara pemakaian hijab, yang pasti adalah bahwa hijab harus menutup secara wajar sebagaimana mestinya dan tidak menarik perhatian.

Kampanye yang diprakarsai oleh bagian urusan mahasiswa di universitas Umm Al-Qura itu bekerja sama dengan Komisi Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Tujuannya untuk menggalakkan hijab di lingkungan kampus.

Salah seorang wanita pejabat di Umm Al-Qura, Nur Qarut, saat peluncuran kampanye tersebut menekankan, “Kesopanan harus merupakan bagian dari ibadah, bukan kebiasaan.”

“Tujuan kampanye ini adalah membuat mahasiswi sadar akan pentingnya hijab dari sisi agama, sosial dan psikologis serta mempromosikan budaya itu di kalangan mereka,” ujarnya sebagaimana dilansir Okaz (4/1).

Qarut mengatakan, rencananya sebuah kompetisi pembuatan display gambar dan slogan juga akan diadakan.

Sementara bagi mahasiswi non-Arab Institut Bahasa Arab di universitas itu, akan digelar diskusi tentang hijab dan komitmen mereka untuk mengenakan hijab di negeri asal mereka. (hdt/fani)