Bunuh Warga Afganistan Untuk Hiburan, Tentara Amerika Dihukum Seumur Hidup

ALISLAMU.COM – Pengadilan militer Amerika Serikat menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada beberapa tentara di Afghanistan. Mereka dihukum setelah terbukti membunuh tiga warga sipil Afghanistan tanpa alasan.

Sersan Calvin Gibbs ditengarai sebagai otak pembunuhan yang dilakukan bersama 4 tentara lainnya ini. Pengadilan memvonis mereka dengan penjara seumur hidup, tetapi masih memungkinkan untuk memenuhi persyaratan bebas bersyarat selama 10 tahun.

Pria berusia 26 tahun ini mengambil alih komando salah satu unit tentara pendudukan AS di Afghanistan setelah pemimpin sebelumnya terkena ledakan bom.

Jaksa militer, Robert Steele mendakwa Gibbs sebagai otak pembunuhan sipil ini karena telah membunuh warga sipil yang tidak bersenjata lalu mencincang jasad mereka. Bahkan dia sempat mengambil gambar dirinya bersama mayat dan potongan anggota tubuh mereka dengan alasan untuk kenang-kenangan.

Jaksa mengatakan, “Gibbs telah mengkhianati unit dan negaranya.” Dakwaan lain juga dijatuhkan terhadap 11 tentara lainnya dalam kasus ini, hanya saja kejahatan mereka lebih ringan dari Calvin Gibbs. (Arbi)