Salib Berpenis Picu Kontroversi

Sebuah salib berpenis yang dibuat oleh seniman Filipina picu kontroversi.

Salib berpenis itu dipajang di sebuah acara pameran seni di Filipina. Salib dipajang untuk menunjukkan ikon penyembahan sehingga patung tuhan pun diciptakan oleh makhluknya sendiri.

“Ini berbicara mengenai objek yang kita sembah, bagaimana kita menciptakan tuhan-tuhan dan idola ini, dan hingga pada akhirnya kita diciptakan oleh tuhan-tuhan dan idola ini,” ujar panitia penyelenggara, Mideo Cruz.

Acara pameran seni yang bertema politheisme ini memajang Salib berpenis dan patung Yesus dengan telinga Mickey Mouse, dan terdapat sebuah dinding dengan gambar Yesus Kristus dan Bunda Maria di sandingkan dengan Patung Liberty dan Presiden Barack Obama, seperti dilansir BBC, Rabu (10/8/2011).

Pemajangan salib berpenis di sebuah acara pameran seni pun picu kemarahan umat Katolik. Karenanya pameran yang kontroversial itupun terpaksa harus dibubarkan setelah presiden turun tangan langsung.

Presiden Benigno Aquino sendiri mengatakan bahwa acara yang dimulai pada bulan Juni lalu tersebut merupakan hal yang menghina.

Sehari sebelumnya, mantan ibu negara Imelda Marcos juga melayangkan protesnya terhadap penyelenggara acara. (Fani/okz/dll)