Pasukan Khusus AS Ternyata Beroperasi di 120 Negara

Juru bicara Komando Operasi Khusus AS Kolonel Tim Nye mengatakan kepada wartawan Nick Turse bahwa pada akhir tahun 2011, pasukan Operasi Khusus AS (SOCOM) kemungkinan akan dikerahkan di 120 negara.

Seperti tahun lalu, pasukan Operasi Khusus AS dikerahkan di 75 negara sekitar 60 persen dari negara-negara di dunia.

Namun tanpa sepengetahuan publik Amerika, pasukan rahasia di dalam militer Amerika Serikat sedang melakukan operasi di sebagian besar negara di dunia.

Hal ini berarti para elit kekuasaan di Pentagon tengah melancarkan perang global yang ukuran dan ruang lingkup tidak pernah diungkapkan, sampai sekarang.

Kebanyakan rakyat Amerika menyadari bahwa pasukan AS hanya terlibat dalam misi di Afghanistan, Irak, dan Libya. Mereka yang memperhatikan lebih dekat isi berita mungkin tahu bahwa pasukan Amerika juga aktif di Pakistan, Yaman, dan Somalia.

Namun menurut Nick Turse dari TomDispatch.com, enam negara tempat beroperasinya pasukan khusus AS, hanyalahlima persen dari jumlah total negara di mana Departemen Pertahanan dengan pasukan khususnya melakukan operasi.

Sebagai catatan, jumlah negara di dunia saat ini ada sekitar 190-an negara, dan itu berarti pasukan khusus AS beroperasi hampir di 80 persen dari total negara dunia. (Fani/erm)