Unit Pasukan Penyerbu Osama Tewas dalam Kecelakaan Heli

Sebuah helikopter milik militer Amerika Serikat (AS) jatuh ditembak roket milik mujahidin di Afghanistan. Insiden ini menewaskan 30 pasukan AS dan tujuh pasukan Afghanistan. Di antara yang tewas, merupakan unit pasukan yang penyerbu Osama bin Laden.

Jatuhnya helikopter ini merupakan pukulan berat bagi militer AS karena korban yang ditimbulkan amat banyak. Terlebih lagi, beberapa orang yang tewas termasuk dalam unit pasukan yang membunuh Osama bin Laden dalam penyergapan di Pakistan 2 Mei lalu.

Beberapa anggota dari Seal Team 6 yang tewas dalam kecelakaan ini, tentunya membawa luka dalam bagi unit tersebut. Sebelumnya, saat Osama berhasil mereka bunuh, unit tim ini mendapatkan pujian dari Pemerintah AS.

Korban tewas yang cukup besar tersebut, menunjukkan keampuhan taktik gerilya yang dilakukan Taliban, meski yang tewas tidak turut serta dalam operasi di Pakistan Mei lalu, tetapi mereka adalah bagian dari tim Seal Team 6. Sementara sisanya adalah anggota militer AS dan pasukan Komando Afghanistan. Total korban tewas seluruhnya berjumlah 37 orang.

Pengerahan tim dalam operasi di Afghanistan membuktikan kalau pasukan ini dalam sebuah misi penting dengan target yang paling dicari. Namun apa daya, tim ini justru harus tewas diterjang roket yang dilesakkan oleh mujahidin Taliban.

Jatuhnya helikopter ini tentunya memacu moral dari kelompok mujahidin Taliban. Pihak mujahidin Taliban sendiri mengklaim menjatuhkan helikopter tersebut dengan roket di Provinsi Wardak. Dikabarkan, helikopter ini jatuh ditembak saat hendak melancarkan operasi penyergapan di provinsi yang dikenal sebagai sarang mujahidin Taliban itu.

Jatuhnya helikopter ini juga diakui oleh pejabat militer AS. Mereka membenarkan kalau jatuhnya helikopter tersebut diakibatkan serangan roket. (Fani/okz)