TNI AL Selenggarakan Musabaqah Hifdzil Quran

TNI Angkatan Laut mengadakan Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ)/Lomba Menghafal Alquran. Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Diswatpersal) mengambil tempat di Auditorium Yos Sudarso Detasemen Markas (Denma) Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (28/7).

Lomba menghafal Alquran diikuti 36 orang yang terdiri dari 21 orang hasil seleksi Kotama TNI AL Wilayah Barat dan 15 orang dari Kotama TNI AL Wilayah Timur yang terdiri dari perwira, bintara, tamtama, PNS sederajat, dan Jalasenastri. Perinciannya, kategori hafalan 30 juz, 20 juz, 10 juz, 5 juz, dan 1 juz.

Menurut Ketua Panitia Lomba MHQ Kolonel Laut (KH) Hasbullah Ahmad, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dalam menghafal Alquran dan menyiapkan pelaksanaan MHQ tingkat TNI dan tingkat Internasional Akademi Bersenjata di Arab Saudi. Kriteria penilaian lomba yaitu hafalan, bacaan (lagu), Tajwid, Makhorijul huruf, dan Adabu Tilawah (penampilan).

“Pemenang dalam lomba ini akan mendapatkan trofi tetap, uang pembinaan, piagam, dan akan diusulkan mendapat kesempatan ibadah haji/umrah melalui bantuan dinas, serta khusus anggota militer akan diusulkan mengikuti MHQ tingkat TNI dan tingkat Internasional antarangkatan bersenjata di Arab Saudi,” kata Hasbullah Ahmad. (Fani/hdt)