PWNU Jatim Gelar Rukyat Awal Ramadhan Ahad Mendatang

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur akan melakukan “rukyatul hilal” (melihat rembulan dengan kasat mata guna menentukan awal kalender) untuk awal Ramadhan 1432 Hijriah pada 31 Juli.

“Rukyat awal Ramadhan akan kami lakukan pada hari Ahad tanggal 31 Juli bersamaan dengan terjadinya ‘ijtimak’ pada pukul 00.40 WIB hingga pukul 01.41 WIB,” kata Wakil Ketua PWNU Jatim HM Sholeh Hayat kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Didampingi Ketua Lajnah Falakiyah PWNU Jatim Dr H Abd Salam Nawawi MAg, ia menjelaskan, pihaknya memprediksi awal Ramadhan 1432 Hijriah akan datang dalam waktu bersamaan yakni 1 Agustus 2011.

“Kemungkinan itu bisa terjadi karena ketinggian hilal secara hisab pada saat itu mencapai 6,45 derajat hingga 8,26 derajat, sehingga puasa Ramadhan bisa bersamaan, karena ketinggian hilal di atas dua derajat,” katanya.

Namun, katanya, awal Syawal 1432 H (Hari Raya Idul Fitri) ada kemungkinan tidak bisa bersamaan, karena ijtimak untuk awal Syawal 1432 H terjadi pada 29 Agustus 2011 pukul 10.05 WIB dengan tinggi hilal hakiki 1 derajat 57 menit 45,08 detik atau kurang dari dua derajat.

“Karena tinggi hilal tidak mencapai dua derajat, maka kemungkinan akan terjadi perbedaan yakni ada yang ber-Idul Fitri pada 30 Agustus dan ada pula tanggal 31 Agustus,” katanya.

Ia menambahkan PWNU Jatim biasanya melakukan rukyatul hilal pada 9-11 lokasi rukyat di seluruh Jatim, kemudian hasilnya dilaporkan ke PBNU untuk bahan Sidang Isbat (penetapan) di Kementerian Agama bersama organisasi kemasyarakatan lainnya.

Sementara itu, persiapan menyambut datangnya Ramadhan 1432 Hijriah sudah dilakukan berbagai kelompok warga kota Surabaya, di antaranya PT Telkom yang menggelar Pesantren Digital di Masjid Takhobar pada 15-28 Juli.

Lain halnya dengan Badan Amil Zakat (BAZ) Jawa Timur yang menggelar pengobatan massal bagi 5.000 dhuafa pada 24 Juli lalu di lima lokasi yakni Dusun Jetis, Mojokerto; Setren Kali Dinoyo, Surabaya; Masjid Roudlotul Falah, Ngagel, Surabaya; Masjid Sabilinnajah, Sidoarjo; dan PP Darul Akhlaq, Pamekasan.

Tidak mau ketinggalan, KNPI Kota Surabaya akan menggelar “Pemuda dan Seniman Ngaji Bareng” pada 15 Agustus mendatang.

Sementara itu, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) memiliki program unggulan pada Ramadhan 1432 H yakni Ngaji Internet dan Ngaji Kitab Kuning (KK) “Riyadush Sholihin.” (Fani/rpb)