Padang Jadi Percontohan Pesantren Ramadhan

Kota Padang dijadikan percontohan pelaksaan Pesantren Ramadhan di Sumatera Barat. “Pelaksaan Pesantren Ramadhan di Kota Padang dijadikan percontohan untuk pelaksanaan Pesantren Ramadhan di seluruh kabupaten/kota di Sumbar,” kata Kepala Bidang Bina Sosial Pemko Padang, Al Amin, di Padang, Selasa.

Ia mengatakan, Pesantren Ramadhan pada dasarnya merupakan kegiatan di bulan Ramadhan diikuti para pelajar tingkat SD, SMP dan SMA atau sederajat di kota itu.

Pelaksanaannya berlangsung selama 25 hari atau 2 – 25 Agustus 2011 di seluruh masjid dan mushalla pada 11 kecamatan di Padang. Pelaksanaan Pesantren Ramadhan sudah dilaksanakan sejak 2006 tersebut, menurutnya, berdampak positif khususnya bagi pendidikan keagamaan siswa.

Ia menyebutkan, pada intinya Pesantren Ramadhan memiliki tiga maksud penting yakni, sebagai pengalihan kegiatan pembelajaran dari sekolah ke mesjid.

Selanjutnya, meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya siswa untuk memakmurkan mesjid dan pemantapan aqidah Islam di kalangan peserta didik.

Pesantren Ramadhan 1432 Hijriah, lanjut Al Amin, berlangsung di 1.250 Masjid/Mushalla pada 11 Kecamatan di Padang. “Diperkirakan 30.000 lebih siswa dari tingkat SD hingga SMA sederajat akan mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan 1432 Hijriah,” katanya.

Sementara itu, tambahnya, pencanangan kegiatan Pesantren Ramadhan di Sumbar, dilangsungkan 26 Juli 2011 di lapanbgan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol, Kota Padang.

Al Amin menyebutkan, pencanangan secara langsung akan dipimpin Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (Fani/rpb)