Festival Al-Qur’an Indonesia Segera Dibuka

Festival al-Qur’an Indonesia (FAI) akan segera dibuka pada Jum’at (22/7) di Gedung Bayt al-Qur’an, TMII, Jakarta. Rencananya pameran al-Qur’an terbesar dan terlengkap di Indonesia ini akan dibuka oleh Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali pada pukul 14.00 sampai selesai.

Ketua Panitia FAI Muhammad Asrori mengatakan, untuk acara pembukaan panitia telah menyiapkan undangan sebanyak 400 orang. Selain tokoh-tokoh nasional, pimpinan pondok pesantren, tokoh masyarakat, panitia juga mengundang sejumlah duta besar negara sahabat untuk hadir dalam acara pembukaan tersebut.

Panitia dan para penerbit al-Qur’an telah mempersiapkan paket-paket yang menarik bagi para pengunjung. Tiket masuk pengunjung Bayt al-Qur’an, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan ditukar voucer seharga sembilan ribu rupiah yang berlaku untuk pembelian produk al-Qur’an di arena festival.

Tidak kurang 50 penerbit al-Qur’an di seluruh Indonesia berpartisipasi memeriahkan festival ini. Mereka akan mengenalkan berbagai macam mushaf al-Qur’an produk mereka masing-masing dengan harga terjangkau dan diskon hingga 50%.

Selain al-Qur’an standar, hadir pula al-Qur’an terjemah, al-Qur’an terjemah per kata, mushaf tafsir ringkas hingga al-Qur’an tafsir per kata. Ada juga al-Qur’an berwarna dengan kertas yang baik dan Qur’an dengan terjemahan per juz. Semuanya ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

“Para pengunjung yang berniat mewakafkan al-Qur’an dapat mendapatkan Qur’an dengan jumlah yang lebih banyak lagi bila mengunjungi Bayt al-Qur’an semasa festival berlangsung. Karena itu, jangan lewatkan momentum bagus ini,” tegas Asrori.

Masih satu rangkaian di festival ini, bekerjasama dengan Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, Asosiasi Penerbit Mushaf al-Qur’an (APQI) juga menggelar pameran mushaf al-Qur’an. Berbagai jenis mushaf al-Qur’an, baik berukuran mini hingga jumbo, manuskrif al-Qur’an zaman kerajaan Islam di Indonesia juga akan dipamerkan di ajang festival al-Qur’an terbesar di Indonesia ini. (Fani/erm)