“Geert Wilders Bertanggung Jawab atas Kasus-Kasus Penistaan Masjid”

Anggota parlemen Belanda Geert Wilders dituding sebagai biang keladi maraknya penistaan dan ancaman terhadap tempat-tempat ibadah kaum Muslimin.

“Pernyataan-pernyataan miring Wilders tentang Islam berkontribusi pada ancaman dan tindakan penistaan terhadap masjid-masjid,” kata Farid Azarkan, ketua komunitas muslim Maroko di Belanda.

“Anda lihat apa dampaknya bagi banyak orang, ketika ide-ide mereka dinyatakan dalam politik. Mereka merasa mendapat kekuatan dari apa yang dikatakan oleh PVV (partai Wilders) dan memanifestasikannya dengan melakukan seruan ke jalan-jalan untuk menyebut masjid dengan slogan-slogan yang keluar dari mulut Wilders,” tukas Azarkan pada kantor berita ANP.

Ia menambahkan, politisi macam Geert Wilders telah merusak nilai-nilai yang paling penting dalam kehidupan bermasyarakat, yaitu sikap saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing orang.

Wilders yang dikenal sebagai politisi anti-Islam pernah melontarkan pernyataan kontroversial. Ia mengatakan bahwa tindak kekerasan dan ancaman terhadap masjid-masjid dibolehkan. Di Belanda, sepanjang tahun 2010, kepolisian menerima laporan 14 kasus penistaan terhadap masjid-masjid. Sedangkan pada tahun 2000, tercatat 16 kasus. (Fani/erm)