Pelajar Depok Ikut Lomba Baca Quran Se-Jabar

Pemerintah Kota Depok melepas belasan kontingen peserta lomba Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Provinsi Jawa Barat dengan tuan rumah adalah Kota Bekasi. Lomba tersebut terdiri dari pembacaan saritilawah, memahami kandungan dan cara membaca kitab suci Al Quran, serta menghapal tafsir atau terjemahan.

Setiap kota di Jawa Barat mengirimkan 16 peserta dengan setengahnya adalah pelajar SD dan SMP berusia 8–14 tahun yang mengikuti lomba khusus pembacaan sari tilawah. Sementara sisanya, yakni kelas dewasa yang terdiri dari mahasiswa dan kalangan umum, mengikuti lomba tafidz dan tafsir.

Kepala Bagian Sosial Pemerintah Kota Depok Sri Utomo mengatakan nantinya mereka akan bertanding untuk menuju tingkat nasional. Pertandingan akan berlangsung hingga tanggal 8 April mendatang.

“Tafsirnya juga ada bahasa Inggris. Nanti dari 16 orang itu diambil tiga, masing–masing cabang untuk maju ke tingkat nasional,” katanya di Balai Kota Depok, Senin (4/4/2011).

Kepala Seksi Pemberdayaan Masjid dan Pesantren Kementerian Agama Kota Depok, Nasri mengatakan perlomban tersebut bertujuan untuk membentuk akhlak generasi muda dalam hal agama. Selain itu, mengajak dan meningkatkan minat baca Al Quran bagi umat.

“Kami harap lomba ini dapat meningkatkan moral dan akhlak serta membina umat agar mengkaji dan membaca Al Quran. Selain itu, kegiatan ini banyak manfaatnya, salah satunya untuk mendukung program pemerintah kota dalam pemberantasan buta aksara Al-Quran,” jelas Nasri.

Pelepasan peserta dilakukan langsung oleh Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail. Pemerintah Kota tidak menargetkan berapa banyak piala emas yang didapat, hanya menjamin akan menampilkan yang terbaik

Red: Fani
Sumber: Okezone