Ada Pengaruh Kristen, Ulama Malaysia Fatwakan Haram Tari Poco-Poco

Para ulama di sebuah negara bagian Malaysia menyerukan kepada umat Islam untuk menghindari tarian populer yang berasal dari Indonesia, mereka mengklaim tarian tersebut memiliki pengaruh dari Kristen.

Tari “poco-poco” adalah tarian yang saat ini umum dilakukan pada acara-acara sosial di Malaysia yang mayoritas penduduknya Muslim. Tarian ini secara luas diperkirakan berasal dari Indonesia.

Para ulama Islam di negara bagian Perak Malaysia mengatakan mereka percaya bahwa tari “poco-poco” adalah tarian tradisional Kristen dan gerak langkah-langkah dalam tarian tersebut seperti membentuk tanda salib.

Ulama Perak, Harussani Idris Zakaria mengatakan pada Jumat ini (1/4) bahwa para ulama telah mengeluarkan fatwa melarang tarian tersebut. Belum jelas apakah negara-negara bagian lain akan mengikuti fatwa larangan itu.

Beberapa warga Muslim bersikeras larangan tersebut tidak diperlukan. Ulama Malaysia sebelumnya juga melarang yoga bagi Muslim dan melarang anak gadis dari berperilaku seperti tomboys, tapi fatwa tersebut tidak mengikat secara hukum.

Red: Fani
Sumber: Eramuslim