Harta Qaddafi di Austria Diperkirakan Capai $30 Milyar

Beberapa sumber media di Austria menyebutkan, harta milik Kolonel Libya, Muammar Gaddafi, dan keluarganya di Austria diperkirakan masih tersisa $30 milyar.

Presiden Bank Sentral Austria, Ewald Nowotny, belum bisa memastikan jumlah aset Qaddafi di Austria sebagaimana yang disebutkan oleh Media. Namun, pihaknya akan menelusuri seluruh aset Qaddafi di Austria. Meskipun menurutnya, penelusuran itu bisa jadi membutuhkan waktu tak sedikit, bisa jadi hingga beberapa tahun ke depan.

Beberapa pekan lalu, Austria telah memerintahkan untuk membekukan seluruh aset yang berhubungan dengan Qaddafi. Kini Austria sedang mengawasi 27 pengusaha yang diduga memiliki hubungan dengan Qaddafi, termasuk di antaranya seorang pejabat penting di yayasan Libya yang bertugas mengembangkan seluruh uset Qaddafi di Austria.

Eward Nowotny menegaskan, sedikitnya $1,7 milyar aset Libya yang dititipkan di Bank Austria. Tapi, hingga kini belum diketahui apakah aset itu memiliki hubungan dengan Qaddafi dan keluarganya. Aset itu kini dibekukan sementara sebagai tindakan pencegahan.

Belum diketahuinya hubungan aset-aset itu dengan Qaddafi, karena biasanya para diktator banyak menyembunyikan uangnya di bank-bank atas nama orang lain, bukan dengan namanya dan nama keluarganya. Mereka memiliki orang-orang kepercayaan.

Red: Fani

Sumber: Aljazeera