18 Anggota Ahmadiyah Bertaubat dan Masuk Islam

Ratusan warga menyesaki Masjid Al Hasan, Ciaruteun Udik, Bogor, untuk menyaksikan prosesi 18 anggota anggota jemaat Ahmadiyah yang ingin kembali masuk Islam. Suasana haru mewarnai masjid ketika 18 orang ini membaca syahadat.

Sebelumnya, 18 anggota Ahmadiyah berangkat bersama warga menuju Masjid Jami Al Hasan di Kampung Ciaruteun Udik RT 02/RW 02, Kecamatan Cibungbulan, Kabupaten Bogor, Selasa (15/3/2011). Mereka memakai baju biasa saja dan tidak tampil seragam.

Mereka tiba di masjid pukul 13.30 WIB, sementara ratusan warga lain sudah menunggu. Di dalam masjid sudah ada unsur Muspida Kabupaten Bogor antara lain Kapolres Bogor AKBP Dadang Raharja dan Ketua MUI Kabupaten Bogor KH Mukri Azi, Kodim 0621 Surya Kencana Letkol Arif Gajah Mada.

18 Anggota Ahmadiyah ini terdiri dari 13 pria dan 5 wanita, beberapa di antaranya berusia remaja. Mereka duduk di bagian depan dekat tempat imam, menghadap ke tengah ruangan. Muspida duduk di sebelah kanan mereka, dan di sisi kiri dan bagian masjid lain, warga Ciaruteun duduk memenuhi masjid.

Antuasiasme warga cukup tinggi. Masjid penuh membeludak bahkan warga ikut melihat dari jendela masjid satu lantai itu.

Prosesi dimulai dengan seluruh hadirin membaca shalawat dan istighfar. Lantas satu persatu anggota Ahmadiyah duduk berhadap-hadapan dengan Ketua MUI Kab Bogor KH Mukri Azi. KH Mukri membaca syahadat, lantas anggota Ahmadiyah mengikutinya.

Suasana masjid hening ketika para anggota Ahmadiyah membaca syahadat. Beberapa anggota Ahmadiyah terisak, para hadirin pun ikut terharu.

Usai prosesi pembacaan syahadat yang berisi sumpah bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mereka menandatangani surat tanda keluar dari Ahmadiyah dan masuk Islam. Mereka juga berjanji tidak akan mengulangi mengajarkan Ahmadiyah di Ciaruteun.

Hingga pukul 14.30 WIB, acara masih berlangsung dan diisi dengan kegiatan mendengarkan ceramah ulama setempat. Warga masih berduyun-duyun datang menyesaki masjid.

Red: Fani
Sumber: Detik