Surah ash-Shaff

Ayat 1-2, yaitu firman Allah ta’ala,

“Telah bertasbih kepada Allah apa saja yang ada di langit dan apa saja yang ada di bumi; dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan?” (ash-Shaff: 1-2)

Sebab Turunnya Ayat

Imam at-Tirmidzi meriwayatkan suatu riwayat, demikian juga al-Hakim yang menilainya shahih, dari Abdullah bin Salam yang berkata, “Sekiranya saja kita mengetahui amalan yang paling disukai oleh Allah, tentu kita akan mengamalkannya. Allah lalu menurunkan ayat, ‘Telah bertasbih kepada Allah apa saja yang ada di langit dan apa saja yang ada di bumi; dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan?”

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Ibnu Abbas riwayat yang senada dengan di atas.

Ayat 10, yaitu firman Allah ta’ala,

“Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih?” (ash-Shaff: 10)

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan dari Abu Shaleh, “Mereka berkata, ‘Sekiranya saja kita mengetahui amalan yang paling utama dan paling disukai oleh Allah.’ Setelah itu, turunlah ayat ini. Akan tetapi, mereka ternyata enggan untuk berjihad sehingga turunlah ayat 2, ‘Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan?'”

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Ali dari Ibnu Abbas riwayat yang mirip dengan di atas.

Ibnu Abi Hatim juga meriwayatkan dari Ikrimah dari Ibnu Abbas, demikian juga Ibnu Jarir dari jalur adh-Dhahhak yang berkata, “Ayat 2, ‘Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan?” diturunkan berkenaan dengan seorang laki-laki yang dalam peperangan mengucapkan akan melakukan tindakan-tindakan yang ternyata tidak ia lakukan, yaitu menebaskan pedang, menusukkan tombak, serta membunuh (pihak musuh).”

Ibnu Abih Hatim juga meriwayatkan dari Muqatil bahwa ayat ini turun berkenaan dengan larinya beberapa orang sahabat dari medan perang ketika berkecamuknya Perang Uhud.

Ayat 11, yaitu firman Allah ta’ala,

“(yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.” (ash-Shaff: 11)

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan bahwa Said bin Jabir berkata, “Ketika turun ayat 10, ‘Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih?” kaum muslimin berkata, ‘Sekiranya kita mengetahui apa bentuk perdagangan tersebut niscaya akan kita korbankan harta dan keluarga di jalannya.’ Tidak lama berselang, turunlah ayat, ‘(yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah….'”

Sumber: Diadaptasi dari Jalaluddin As-Suyuthi, Lubaabun Nuquul fii Asbaabin Nuzuul, atau Sebab Turunnya Ayat Al-Qur’an, terj. Tim Abdul Hayyie (Gema Insani), hlm. 570 – 572.