Jangan Khawatir, LPPOM MUI Kini Punya Alat Cepat Deteksi Daging Babi

KAMIS, (13/12/2012), Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menandatangani nota kesepakatan kerjasama Memorandum of Understanding/MOU dengan PT Perkindo Mitra Analitika dalam pengadaan alat Porcine Detection Kit, suatu alat deteksi cepat untuk mengidentifikasi ada tidaknya protein spesifik pada babi.

“Diharapkan, kerjasama ini menjadi salah satu jawaban dari tuntutan perkembangan sertifikasi halal yang semakin tinggi. Dengan dukungan peralatan yang memadai maka pelayanan LPPOM MUI di bidang sertifikasi halal akan terus meningkat dari waktu ke waktu,” kata Direktur LPPOM MUI, Ir. Lukmanul Hakim, M.Si.

Ia menegaskan perkembangan pesat sertifikasi halal di Indonesia dan di seluruh dunia menuntut LPPOM MUI harus senantiasa meningkatkan pelayanan di bidang sertifikasi halal. Nantinya alat ini akan berhubungan dengan produk hewan dan turunannya yang disertifikasi halal yang beredar di Indonesia. Dan, Porcine Detection Kit dapat digunakan oleh:

1. LPPOM MUI dalam proses sertifikasi halal dan pengawasannya selama masa berlakunya sertifikat halal.

2. Perusahaan dalam rangka internal audit

3. Petugas instansi pemerintah dalam upaya pengawasan dan pengendalian distribusi produk daging dan turunannya.

Dalam menjalankan tugas di bidang sertifikasi halal seperti yang diamanatkan oleh MUI sejak 23 tahun lalu, LPPOM MUI telah mengembangkan Sistem Jaminan Halal (SJH) yang telah diadopsi oleh 41 lembaga sertifikasi halal luar negeri yang tersebar di Asia, Australia, Eropa, hingga Amerika latin. (Pz/Islampos)