Masyarakat Mesir Ramai-Ramai Borong Rokok & Minuman Keras Terkait Keputusan Mursi

Islampos.com – MUHAMMAD Musthofa, salah seorang penjaga warung di Mesir, mengatakan banyak sekali kaum remaja dan pemuda yang datang untuk memborong berbagai macam jenis rokok.

Bahkan mereka rela mengeluarkan koceknya hingga ratusan pound Mesir sebagai bentuk persiapan menghadapi keputusan Muhammad Mursi, Presiden Mesir yang akan menaikkan pajak beberapa barang-barang termasuk rokok.

Keputusan Mursi dalam dekrit akan membuat harga rokok lokal naik menjadi 75 pister, dan rokok impor naik menjadi 125 pister sebagaimana dilansir “Sya’b Masr”.

Begitu juga yang terjadi di sejumlah toko, pasar dan tempat-tempat perdagangan lainnya terpaksa menyimpan dan menimbun sejumlah besar barang yang akan dinaikkan pajaknya diantaranya rokok dan minuman keras (hard drink) dan minuman soda (soft drink).

Sebagaimana dilansir dalam “Masr Al Yaum” Senin (10/12/2012) kemarin, bahwa rakyat tahu akan kenaikan pajak beberapa barang ini semenjak satu bulan yang lalu.

Berita terakhir menyatakan bahwa Mursi tengah menangguhkan keputusan tersebut dan melimpahkan kepada kabinet untuk menggodoknya secara matang.