Hari Ini 20 Tahun Lalu, Masjid Bersejarah di India Dibakar Nasionalis Hindu

AYODHYA INDIA, muslimdaily.net – Mengingat kembali sejarah Masjid Babri yang bersejarah di India.

Masjid Babri atau Masjid Babur adalah sebuah masjid yang didirikan oleh Kaisar Mughal pertama India, Babur, di Ayodhya pada abad ke-16 Masehi. Sebelum tahun 1940-an, masjid ini dinamakan Masjid-i Janmasthan (“masjid tempat kelahiran”). Masjid ini berdiri di Bukit Ramkot (disebut juga Janmasthan (“tempat kelahiran”)). Masjid Babri diruntuhkan oleh sekitar 150.000 orang dari kaum nasionalis Hindu pada tanggal 6 Desember 1992, dalam sebuah peristiwa yang sebelumnya sudah direncanakan, walaupun sebelumnya Mahkamah Agung India sudah melarang perusakan masjid itu.

Kaum nasionalis Hindu, Vishwa Hindu Parishad, meyakini panglima perang Babur, Mir Baki telah menghancurkan sebuah kuil Hindu untuk mendirikan majid tersebut. Mereka percaya kuil tersebut dibangun untuk memperingati hari kelahiran Rama, inkarnasi dari Wisnu dan juga penguasa Ayodhya.

Menariknya masjid ini berbagi tembok dengan kuil rama. Masjid Babri adalah salah satu masjid terbesar di Uttar Pradesh, sebuah negara bagian India yang memiliki populasi Muslim 31 juta orang.

Walau ada beberapa masjid yang lebih tua di Kota Ayodhya, termasuk Masjid Hazrat Bal yang didirikan oleh raja-raja Shariqi, Masjid Babri dianggap terbesar karena lokasinya yang menjadi sumber sengketa.