Kenakan Jilbab, Ornela Bego Ditolak Masuk ke Ruang Kuliah

ERAMUSLIM – Seorang mahasiswa Albania di Institut Teknologi Izmir (İYTE) Turki belum diizinkan untuk menghadiri salah satu perkuliahan karena jilbab yang dikenakannya, sebuah kejadian terkait kasus larangan jilbab, di mana Dewan Pendidikan Tinggi (Yok) telah mencabutnya di tahun 2010, namun masih sewenang-wenang diterapkan di beberapa universitas.

Ornela Bego, seorang mahasiswa dari Albania yang datang ke Turki untuk belajar fisika di İYTE tersebut, belum diizinkan untuk menghadiri mata kuliah kimia selama lebih dari satu bulan karena dia mengenakan jilbab.

Bego mengatakan dia belum mampu menemukan solusi untuk masalah yang ia alami, yang katanya menyebabkan dia gagal dalam mata kuliah tersebut meskipun ia telah berbicara dengan rektor İYTE Rektor Mustafa Güden tentang masalah ini.

Dosen kimianya mengatakan, “Anda tidak bisa masuk ke kelas saya dengan mengenakan jilbab bahkan jika larangan jilbab di universitas-universitas telah dihapus.”

Bego sendiri mengatakan ia tidak dapat mengerti mengapa larangan tersebut masih dilaksanakan di Turki, yang penduduknya mayoritas Muslim sedangkan di universitas negara-negara Eropa hal itu sudah tidak menjadi masalah. (Arbi)