Mau Konsultasi dengan Mufti Saudi Secara Langsung? Ini Caranya…

Sejak hari pertama Ramadhan, Senin (01/08), Saudi membuka program “Sa’atun Fatwa” yang memungkinkan Anda dimanapun berada untuk melakukan konsultasi syari’ah secara langsung. Konsultasi ini akan dijawab langsung oleh sejumlah para mufti yang sudah dikenal di setiap harinya.

Penyelenggara program konsultasi syari’ah ini merupakan proyek untuk mengkonsolidasikan media global dengan tujuan untuk menyesuaikan fatwa, melindungi dan menjaganya dari pemikiran-pemikiran yang menyimpang, karena semua fatwa dikeluarkan oleh para ulama yang mu’tabar, tsiqah dan ahli dalam bidang ilmu.

Program konsultasi syari’ah tersebut tidak bertentangan sama sekali dengan peraturan pemerintah Saudi, yang membatasi kewenangan berfatwa hanya untuk para anggota kibarul ulama. Pembatasan itu bertujuan untuk menghindari tersebarnya fatwa-fatwa menyimpang.

Program konsultasi syari’ah telah berlangsung selama empat tahun berturut-turut selama bulan Ramadhan, selama itu pula tidak kurang dari 50.000 orang dari berbagai penjuru dunia ikut memanfaatkan program ini. Program konsultasi syari’ah justru sejalan dengan peraturan pemerintah Saudi, karena dalam program tersebut hanyalah berupa fatwa perseorangan yang berhubungan seputar ibadah, hukum-hukum fikih dan lainnya, dan hanya terjadi antara penanya dan yang ditanya.

Kepada alarabiya.net, Ahad (31/08), penyelenggara program konsultasi Syari’ah menegaskan, “Program konsultasi syari’a tersebut dirancang untuk menghubungkan manusia secara umum dengan para ulama yang tsiqah, yang mungkin mereka sulit untuk bertemu langsung dengan para ulama tersebut tanpa ada jadwal atau kofirmasi dahulu. Dan pertanyaan serta jawabannya hanyalah diketahui oleh mufti dan orang yang meminta fatwa.”

Program konsultasi syari’ah ini dibuka setiap hari selama Ramadhan dari pukul 15.00 – 24.00, baik untuk orang Saudi ataupun orang di luar Saudi. Di antara ulama terkemuka yang siap menjawab berbagai pertanyaan dari umat muslim sedunia adalah Syaikh Abdurrahman Al-Barrak, Syaikh DR. Muhammad bin Abduurrahman Al-Arifi, Syaikh Muhammad Shalih Al-Munjid, Syaikh Abdul Aziz bin Marzuq At-Thariqi, Syaikh Abdurrahman bin Shalih Al-Athram, Syaikh Abdurrahman Al-Mahmud, Syaikh Umar Al-Muqbil, Syaikh Muhammad Al-Habdan, Syaikh Humaidan Al-Juhani dan selain mereka dari kalangan ulama mu’tabar.

Anda dapat mengikuti program konsultasi syari’ah ini dengan menghubungi para ulama di atas melalui nomer telepon berikut: 00966560443332 dan 00966507773721. (Fani/aby)