Waduh… Indonesia Kekurangan Penerbit Mushaf Alquran

Meski Indonesia negara berpenduduk mayoritas Muslim, jumlah penerbit mushaf Alquran di Indonesia masih terbatas dan belum merata. Saat ini jumlah penerbit mushaf Alquran di Indonesia hanya 100 yang umumnya terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Secara keseluruhan penerbit ini baru mampu memproduksi 15 hingga 20 eksemplar mushaf Alquran. Dibandingkan dengan kebutuhan mushaf Alquran secara nasional yang mencapai 30 juta hingga 36 juta eksemplar per tahun, produksi ini belum bisa mencukupi.

“Dengan perbandingan penerbitan dengan kebutuhan ini, maka baru mampu memenuhi hingga kurang dari 60 persen,” ungkap Ketua Asosiasi Penerbit Mushaf Alquran Indonesia (APQI), H Ali Mahdami, di sela pembukaan Festival Mushaf Alquran Indonesia, di di Gedung Bayt Alquran, kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat (22/7).

Menurut Ali, kekurangan ini membuat mushaf Alquran justru diproduksi oleh penerbit non-Muslim. “Karena itu, ia berharap banyak pada program asosiasi yang tengah menyiapkan berdirinya Madinatul Quran Indonesia, yang akan mampu mendorong penerbitan mushaf Alquran ke depan,” tegas Ali. (Fani/rpb)