Mosque Directory, Cara Baru Lebih Dekat dengan Masjid

Tempat peribadatan tak bisa dipisahkan dengan umat beragama. Demikian pula halnya dengan mesjid yang selalu berhubungan dengan pemeluk agama Islam. Di era modern ini, hadir Mosque Directory untuk memudahkan muslim lebih dekat dengan masjid.

Adalah jejaring sosial muslim bernama Mosquelife yang memperkenalkan Mosque Directory. Layanan terbaru yang diluncurkan Mosquelife ini bertujuan untuk menghimpun data-data di setiap mesjid agar menjadi direktori yang bermanfaat dan kian mendekatkan penggunanya dengan mesjid.

“Fitur kami berupaya mendekatkan kehidupan muslim modern dengan mesjid, dengan cara yang lebih mudah. Mosque Directory menyediakan fitur-fitur untuk pemberdayaan rakyat,” ujar salah satu relawan Mosquelife Eko Budhi Suprasetiawan.

Dijelaskan Eko dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Senin (10/01/2011), melalui Mosque Directory pengguna bisa mendaftarkan masjid atau mushola di lingkungan rumah, sekolah, kampus, atau kantor mereka dengan mencantumkan posisi dan alamat lokasi, atau bahkan menulis review tentang mesjid tersebut.

Nah, warga atau para pengurus masjid juga bisa secara aktif menuliskan informasi seputar kegiatan di masjid mereka agar diketahui pengguna lainnya.

Mosquelife juga menyediakan fitur bernama News Wall, yakni semacam majalah dinding (mading) mesjid yang bersifat virtual. Fitur ini memungkinkan pengguna memposting artikel menarik seputar dunia Islam atau berita lokal yang menarik, atau topik diskusi hangat untuk pemberdayaan jamaah.

Tambahan lainnya, semua aktivitas di Mosquelife bisa terhubung langsung sebagai update status di Facebook maupun Twitter. Pengguna bisa juga menjadi Follower dari masjid yang diinginkan.

“Dengan demikian jika ada berita kegiatan di masjid tersebut, dia akan mendapatkan notifikasi update melalui email. Semua rangkaian fitur baru kami ini diharapkan bisa memudahkan untuk back to masjid, dan semakin social,” tandas Eko.

(Sumber: detiknet.com)