Warga Syiah Irak Gelar Demo Tandingan Untuk Dukung PM Nuri Al-Maliki

Islampos.com – RIBUAN orang turun ke jalan-jalan di Irak selatan yang didominasi warga Syiah hari Selasa ini (8/1/2013) untuk menunjukkan dukungan bagi perdana menteri Syiah Nuri Al-Maliki setelah lebih dari dua minggu aksi protes menentangnya yang dilakukan warga Arab Sunni terutama di wilayah utara dan barat.

Loyalis Maliki menggelar demonstrasi dalam sebuah putaran terbaru akibat kebuntuan berkepanjangan di dalam pemerintah persatuan Irak antara Perdana Menteri Nuri al-Maliki dengan kalangan Sunni yang menuduh dia menyalahgunakan UU anti terorisme untuk menargetkan warga minoritas Sunni Irak.

Pada bagian lain, untuk menunjukkan dukungan bagi demonstrasi anti-pemerintah, beberapa menteri Sunni dan Kurdi memboikot pertemuan kabinet mingguan Selasa hari ini, kata salah satu sumber pemerintah kepada AFP.

Demonstrasi pro-pemerintah diadakan di kota pelabuhan Basra, dan kota-kota selatan Kut, Diwaniyah, Karbala dan Samawa, lapor wartawan AFP. Dalam aksinya demonstran pro Maliki, menolak seruan untuk reformasi UU anti-teror dan mengutuk dugaan keterlibatan negara-negara Timur Tengah terkait unjuk rasa anti pemerintah.

Demonstran pro pemerintah membawa foto-foto kerabat mereka yang mereka katakan tewas dalam serangan ‘militan’, serta bendera Irak serta spanduk dicat dengan slogan-slogan termasuk, “Dengan darah dan jiwa kami, kami akan melindungi Irak,” dan “Tidak, Tidak untuk Sektarianisme, Ya, Ya untuk Persatuan Nasional.”

Beberapa poster menunjukkan dukungan untuk Maliki. Aksi mereka datang setelah berminggu-minggu protes di provinsi berpenduduk mayoritas sunni yang melakukan aksinya karena dipicu oleh penangkapan sedikitnya sembilan penjaga Menteri Keuangan Sunni Rafa al-Essawi.