Ikhwan dan Partai Salafi Akan Gelar Demo Tandingan untuk Dukung Mursi

Islampos.com – IKHWANUL Muslimin dan partai Salafi akan mengadakan aksi protes di seluruh Mesir pada hari Sabtu mendatang untuk mendukung Presiden Muhammad Mursi, yang menghadapi gelombang demonstrasi menentang keputusan yang memperluas kekuasaannya.

Mahmud Ghozlan, juru bicara Ikhwan, mengatakan kepada Reuters Rabu kemarin (28/11/2012): “Kami telah menyerukan orang-orang yang pro-Mursi untuk menggelar aksi protes nasional. Lokasi yang tepat dari aksi protesm saat ini sedang dibahas. ”

Shalah Abdul Maboud, anggota terkemuka dari Partai Salafi An-Nur, menegaskan bahwa kubu Islamis akan menggelar aksi protes pada hari Sabtu. Dia mengatakan lokasi aksi kemungkinan di Tahrir Square, di mana lawan Mursi telah memilih berkemah di sana selama tujuh hari berturut-turut.

Sementara itu, pengadilan Kasasi dan Banding Mesir mengatakan Rabu kemarin bahwa mereka akan menangguhkan pekerjaan mereka yang tertunda terkait keputusan deklarasi konstitusionalitas Mursi yang memberikan dia kekebalan dari judicial review.

“Pengadilan Kasasi akan menangguhkan pekerjaannya mulai hari ini,” kata wakil ketua pengadilan, Abdul Nassir Abu al-Wafa, setelah mengadakan pertemuan dengan pejabat pengadilan, menurut laporan AFP.

Khalid Abdullah, seorang hakim di Pengadilan Banding, mengatakan setelah pertemuan serupa pengadilan juga akan menangguhkan pekerjaannya “kecuali dalam kasus-kasus yang berkaitan dengan korupsi dan hukum pribadi”.(fq/aby)