LP POM MUI Luncurkan Sistem Pelayanan Sertifikasi Halal Online

JAKARTA (VoA-Islam) – Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LP POM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) senantiasa berusaha melakukan pelayanan halal MUI yang terbaik. Salah satu tantangan yang ingin diberikan dalam melakukan sertifikasi halal yang cepat, tepat dan efesien, LP POM MUI belum lama ini (24/5) lalu melakukan peluncuran Sistem Pelayanan Sertifikasi Online yang diberi nama CEROL-SS 23000 (Certification Online – Servive System 23000).

Dengan menggunakan sistem tersebut, waktu pelayanan sertifikat halal diharapkan lebih cepat dan target mutu pun bisa lebih ditingkatkan. Dengan media online, penggunaan kertas akan semakin ditekan, dan mendukung kampanye “Go Green” sebagai wujud peduli dengan lingkungan yang lebih baik.

Menurut Direktur LP POM MUI dalam press realesenya, melalui sistem online ini pula, perusahaan mendapat kemudahan untuk mengetahui sampai tahap mana sertifikasi halal diproses. Dengan sistem ini perusahaan dapat merasakan proses transparansi pengelolaan sertifikasi halal.

“Setiap produk yang telah mendapatkan sertifikasi halal akan disimpan dalam database produk bersertifikat halal. Siapapun termasuk konsumen dapat mengakses untuk mencari produk bersertifikat halal, termasuk perusahaan-perusahaan yang sedang diproses atau belum selesai proses sertifikasi halal produknya.

Indonesia Halal Expo 2012

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh LP POM MUI pada tahun 2010, kepedulian masyarakat terhadap kehalalan produk meningkat dari 70% menjadi 93%. Hal ini signifikan dengan hasil survey yang dilakukan LP POM MUI pada tahun 2011, yang menunjukkan 95% produsen menyatakan Sertifikasi Halal meningkat dalam omzet penjualannya.

LP POM MUI sebagai lembaga sertifikasi halal mengemban tugas untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat luas, baik nasional maupun internasional. Untuk itu, LP POM MUI menggelar perhelatan tahunan yang diberi nama Indonesia Halal Expo (INDHEX). Setelah sukses dengan INDHEX 2011 yang diikuti oleh 130 perusahaan bersertifikasi halal dan dihadiri tidak kurang 9.000 pengunjung, L POM MUI kembali akan menggelar INDHEX 2012 pada tanggal 5-8 Juli 2012 di Gedung SMESCO Exhibition Hall, Jakarta.

Adapun rangkaian acara INDHEX 2012, diantaranya meliputi: Ijtima’ Ulama di Cipasung Tasikmalaya (29-3 Juli 2012), InternaTIONAL Training for Auditors of halal Certifying Bodies di Hotel Mirah-Bogor (28 Juni- 4 Juli), Expo INDHEX 2012 (Pameran produk bersertifikasi halal) di Jakarta, Penyerahan Penghargaan Rekor MURI Sertifikasi Halal Terbanyak Pedagang Martabak di seluruh Indonesia, dan Global Halal Forum di SMESCO Building(5 Juli 2012).

Pada pelaksanaan INDHEX 2012 ini, LP POM MUI didukung oleh berbagai instansi, seperti Kementerian Koordinator Perekonomian RI, Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kementerian Perindustrian RI, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kementerin Pertanian RI, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Kementerian Keagamaan RI, Badan POM dan seluruh perusahaan bersertifikasi halal, baik nasional maupun internasional. (dstn/fyd)