Sambut Tahanan Pulang, 200 Ribu Orang Berkumpul di Gaza

Lebih dari 200.000 orang berkumpul di Kota Gaza pada Selasa (18/10) untuk aksi massa merayakan kembalinya para tahanan yang dibebaskan berdasarkan kesepakatan tukar tahanan dengan Israel, kata gerakan Hamas.

“Lebih dari 200.000 orang kini sedang berkumpul di Katiba (di Gaza City) untuk ikut ambil bagian dalam perayaan besar menyambut para tahanan,” kata salah seorang pejabat Hamas yang terlibat di dalam kepanitiaan unjuk rasa penyambutan itu.

Ismail Haniya, Perdana Menteri Hamas di Gaza diharapkan akan menyampaikan pidato kepada para demonstran di samping Yehia Sinwar, seorang pemimpin senior sayap bersenjata Hamas yang termasuk di
antara mereka yang dibebaskan pada Selasa.

Di Rafah di selatan Jalur Gaza, ribuan anggota keluarga dengan bersemangat berkumpul untuk menyambut kepulangan 296 tahanan yang baru dibebaskan. Banyak di antaranya yang terlihat mengenakan ikat pinggang hijau Hamas dan menyeka air mata dari mata mereka.

Adegan kegembiraan serupa terjadi di Tepi Barat, dengan berbondong ke kota Ramallah untuk menyambut kepulangan 117 tahanan rumah, bersorak dan melambaikan bendera saat mereka turun dari empat bus di luar kompleks kepresidenan Muqataa. (Arbi/antra)