Sopir Taxi Muslim Diancam karena Tolak Anjing

Vlaams Belang, salah satu partai politik di Belgia memprotes sopir-sopir taxi muslim yang tidak mau mengangkut penumpang yang membawa anjing. Menurut partai itu, sopir taxi muslim di Brussel, sekarang jumlahnya bertambah banyak. Mereka menolak penumpang yang bawa anjing, termasuk anjing yang fungsinya untuk membantu orang cacat.

Dalam Islam, air liur anjing adalah salah satu najis berat sehingga umat Islam sebisa mungkin menjauhi hewan anjing. Para sopir taxi yang muslim mengatakan, mereka berhak menolak penumpang yang membawa anjing sebagai bagian dari kebebasan beragama.

Namun para politisi Vlaams Belang tidak bisa menerima alasan itu. Menurut mereka, hukum di Belgia mengatur bahwa anjing, apalagi yang dibawa untuk membantu penyandang cacat, dibolehkan berkeliaran di tempat umum termasuk di dalam taksi.

Partai itu menyatakan akan mengadukan persoalan kasus ini ke kementerian terkait. Mereka akan menuntut agar para sopir taksi yang sudah bersikap seperti seorang “fundamentalis” karena menolak penumpang yang membawa anjing, dicabut izin mengemudinya. (Fani/Erm)