Ribuan Orang Ikuti Wisuda Akbar Indonesia Menghafal II

“Alhamdulillah, sudah lebih 5000 orang,” ujar Purnomo, Manager Marketing Communication PPPA Daqu, mensyukuri jumlah peserta Wisuda Akbar Indonesia Menghafal II sampai pukul 10 pagi Senin (16/5).

Purnomo menambahkan, target peserta wisuda yang digelar PPPA Daqu di Masjid Agung At Tiin, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Senin, 16 Mei 2011, adalah 5000 peserta dan 20.000 pengunjung. Jumlah ini hampir tiga kali lipat dari jumlah tahun lalu yakni 3000 orang peserta plus sekitar 10 ribu pendamping.

Sampai pukul 10 pagi Senin ini, gelombang demi gelombang peserta terus berdatangan. Mereka berasal dari berbagai kota di Tanah Air. Sebagian mengaku sudah datang ke lokasi sejak satu hingga dua hari sebelumnya. “Saya sudah sejak Jum’at (13/5) datang ke sini sekeluarga, karena ingin mencicipi sholat Jumat dan sholat tahajud di Masjid At Tiin ini,” ungkap Taryo yang mengaku dari Semarang.

Tampak pula yang baru datang dari luar kota dengan masih membawa kopor perbekalan. “Ya, niki mbeke teka,” kata Kang Abdul dari Indramayu, Jawa Barat, yang datang bersama murid-murid ngajinya.

Tak ketinggalan peserta dari luar negeri, seperti Muhammad Abdul (47) yang datang dari Singapura. Dari Malaysia, Cikgu Azimah Mohd Khalid menyampaikan tahniah atas terselenggaranya wisuda. Insya Allah tahun depan ia akan mengikutkan santri Institut Qur’an Kuala Lumpur yang dipimpinnya.

Ribuan peserta itu mengerubungi berbagai stand di pelataran Masjid At Tiin. Ada yang sibuk mendaftar, ada yang sudah mulai mengikuti setoran hafalan. Yang sudah selesai menyetor, mengikuti acara di panggung terbuka yang disiarkan langsung lewat video streaming. Sebagian peserta juga merubung stan-stan makanan, minuman, busana, obat herbal, dan lain-lain. Tak ketinggalan, banyak peserta mendatangi petugas untuk menyerahkan sedekah mereka.

Di dalam ruang sholat utama masjid, ribuan peserta khusyuk menyimak taushiyah Ustadz Aan. Banyak di antaranya yang menunaikan sholat dhuha. Sebagian juga memanfaatkan kesejukan ruangan untuk melepas penat.

“Alhamdulillah, saya bersyukur melihat ribuan jamaah antusias mengikuti acara semacam ini. Mudah-mudahan tidak sebatas menghafal Al Qur’an, tapi juga memahami dan mengamalkannya,” pesan Ustadz H Syuhada Bahri, Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, yang turut hadir di ruang utama Masjid At Tiin bersama sejumlah tamu VIP lainnya.

Sebagai cindera hati bagi para peserta, panitia menyediakan hadiah berupa 1 buah mobil baru, 10 paket umroh, dan 10 sepeda motor, serta hadiah hiburan lainnya.

Red: Fani
Sumber: Eramuslim.com