57% Rakyat Amerika Membenarkan Serangan Israel Ke Gaza, Hanya 13% Pro-Palestina

JAJAK Pendapat terbaru yang dilakukan oleh CNN / ORC menunjukkan bahwa 57% orang Amerika percaya operasi militer Israel terhadap Gaza dibenarkan, sedangkan hanya 13% yang pro Palestina.

Survei ini dilakukan secara nasional. Dengan persentasi 57%, itu artinya satu dari empat orang Amerika mengatakan serangan Israel dibenarkan.

“Meskipun kebanyakan orang Amerika berpikir tindakan Israel dibenarkan, ada sebagian masyarakat yang tidak setuju,” kata Direktur Polling CNN Keating Holland.

“Hanya empat dari 10 orang Demokrat yang berpikir bahwa tindakan Israel di Gaza dibenarkan, dibandingkan dengan 74% dari Partai Republik dan 59% dari independen. Dukungan untuk aksi militer Israel adalah 13 poin lebih tinggi diantara pria dibanding wanita, dan 15 poin lebih tinggi di kalangan orang Amerika yang lebih tua daripada orang Amerika yang masiah muda,” imbuh Holland.

Menurut survei, hampir enam dari 10 orang Amerika mengatakan simpati mereka terhadap Israel.

“Ini bukan sesuatu yang baru,” tambah Holland. “Jumlah orang Amerika yang bersimpati terhadap Palestina tidak pernah lebih tinggi daripada 18%. Ini sama dengan pertanyaan yang pertama kali diajukan pada tahun 1988. Simpati terhadap Israel kadang-kadang turun di bawah 50%. Tetapi selalu lebih tinggi selama delapan tahun terakhir,” demikian Holland. [sa/islampos/ynet]