61 Muslim Tewas di Tangan Polisi Federal Nigeria

ALISLAMU.COM – Pertempuran antara gerakan radikal dan pasukan militer di Nigeria telah menewaskan sedikitnya 61 orang selama beberapa hari kekerasan di timur laut negara ini. Di kawasan Yobe, di mana setidaknya 50 orang tewas, pemerintah pada mulai lusa memberlakukan jam malam senja sampai subuh serta operasi militer menyusul serangan yang dilakukan kelompok Boko Haram.

Di Damaturu, warga meninggalkan rumah mereka di sekitar masjid pusat kota menjelang serangan gabungan oleh tentara, brimob dan polisi federal yang dikenal sebagai “membunuh-dan-pergi”. Pasukan militer menyerbu daerah itu dengan membawa personel lapis baja dan tank, dengan tembakan-tembakan yang menandai kedatangan mereka.

Analisis menganggap hal ini merupakan reaksi berlebihan dari pemerintah Nigeria yang dipimpin Goodluck Jonathan. Presiden Kristen ini takut jika Nigeria Utara diambil alih oleh orang Islam, terbukti dengan pemusnahan terhadap unsur-unsur gerakan Islam dan kaum Muslimin yang telah menewaskan 700 Muslim sejak 2009 lalu. (almkhsr/arbi)