Haruskah Shalat Tarawih di Masjid yang Sepaham?

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

1.Do’a sehabis tarawih?
2.Sholat tarawih di rumah apakah lebih baik jika di masjid yang ada tidak sepaham?
3.Dalil rakaat 23 dalam sholat tarawih, syukron.

Wassalamu’alaikum

Musthofa
Bogor

Jawaban:

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

1. Tidak ada dzikir dan do’a khusus yang dibaca dalam setiap salam pada shalat tarawih. Prinsip dalam ibadah adalah haram kecuali ada dalil yang memerintah atau menganjurkannya. Dan dalam hal ini tidak ada satupun dalil yang datang dari Nabi saw. dan para sahabatnya.

2. Shalat tarawih di rumah dikarenakan tidak sepemahaman. Yang lebih baik adalah tetap shalat berjama’ah meski harus mencari masjid yang lain. Jika yang dimaksud adalah karena imamnya seorang dukun (misalnya), maka tidak boleh shalat dibelakangnya dan hendaknya mencari masjid lain meskipun agak jauh. Shalat tarawih bersama imam hingga selesai akan mendapatkan keutamaan sama dengan pahala shalat satu malam penuh dan pahala ini tidak akan didapatkan kecuali shalat bersama imam dan di masjid.

3. Masalah jumlah raka’at shalat tarawih terjadi perbedaan diantara ulama. Saya sarankan anda membaca buku; ‘Adad Rak’at at Tarawih‘ yang ditulis oleh Syaikh Musthafa al ‘Adawi (salah seorang ulama Mesir dan murid dari pada Syaikh Muqbil bin Hadi al Wadi’i). Dalam buku tersebut dijelaskan dengan detail tentang bolehnya jumlah raka’at lebih dari 11 raka’at dengan syarat tetap dilakukan dengan thuma’ninah.

Wallahu A’lam

Kirimkan pertanyaan Anda di sini