TV Pakistan: Foto Mayat Bin Ladin Palsu

Televisi-televisi Pakistan yang menayangkan gambar mayat Usamah bin Ladin akhirnya menarik foto itu dan mengakui bahwa foto tersebut palsu.

“Itu gambar palsu, sudah ada di internet tahun 2009,” kata Rana Jawad, pemimpin biro Islamabad stasiun televisi GEO kepada AFP (02/5)

“Ketika kami memeriksanya, kami menemukan bahwa itu palsu dan kami menariknya,” kata Jawad.

Stasiun televisi GEO dan Express termasuk yang pertama kali menayangkan foto mayat Bin Ladin, beberapa jam setelah Presiden Barack Obama mengumumkan meninggalnya Usamah bin ladin.

Foto kepala Osama bin Laden yang berdarah-darah beredar beberapa jam setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengumumkan kematian Osama. Belakangan diketahui, foto itu kemungkinan hasil rekayasa.

Foto di atas membandingkan dua foto Osama. Yang sebelah kiri, menunjukkan foto yang beredar di internet pada 2 Mei 2011 kemarin. Osama terlihat berdarah-darah, terutama di bagian mata dan dahinya.

Cambang dan jenggot lebat menghiasi Osama, tanpa sorban yang biasanya dikenakan. Terlihat juga pakaian dalam Osama yang compang-camping. Perhatikan posisi mulutnya yang setengah terbuka, seperti sedang berbicara. Televisi Pakistan mendeskripsikan foto tersebut adalah ‘unconfirmed’ alias belum terkonfirmasi bahwa itu adalah foto Osama.

Sekarang, bandingkan gambar sebelah kanan. Dengan posisi, mimik muka, posisi mulut, dan wajah yang sama persis. Bedanya, baju Osama tampak rapi, bersorban dan tanpa noda darah.

Kedua foto ini disandingkan oleh AFP, Selasa (3/5/2011) dan menyatakan bahwa gambar itu kemungkinan besar dikopi dan ditempel pada foto badan seseorang yang bukan milik Osama.

Red: Fani

Sumber: Detik/hidayatullah