Hasan Nasrallah : Kami Tidak akan Biarkan Suriah Jatuh Ke ‘Takfiri’ (Muslim Sunni)

Eramuslim.com – Pimpinan Syi’ah Hizbullah Lebanon , Hasan Nasrallah, , mengatakan pada hari Selasa bahwa teman-teman (rezim) Suriah tidak akan membiarkan rezim Presiden Bashar al-Assad jatuh.

“Suriah memiliki teman sejati di wilayah ini yang tidak akan membiarkan Suriah jatuh ke tangan Amerika Serikat, Israel dan kelompok ‘takfiri’,” kata Hassan Nasrallah, menyebut Muslim Sunni berjuang untuk menggulingkan Assad sebagai ‘takfiri’ (yang mengkafirkan).

Laporan menyatakan bahwa pejuang Hizbullah bertempur bersama pasukan Assad terhadap pejuang pembebasan Suriah di desa-desa Syiah di dekat perbatasan Lebanon. Namun, komentar Nasrallah pada hari Selasa merupakan indikasi terkuat bahwa kelompoknya siap untuk lebih banyak terlibat untuk menyelamatkan pemerintah Assad.

Dalam pidatonya, Nasrallah mengatakan oposisi Suriah melawan pasukan pro-Assad tidak akan mampu untuk menggulingkan Presiden Suriah, ia menambahkan bahwa dialog adalah satu-satunya jalan keluar.

“Siapapun yang ingin menyelesaikan krisis Suriah, solusi politik adalah satu-satunya cara, “katanya.

Sementara itu, Nasrallah juga mengatakan bahwa kelompok pemberontak bersenjata melawan Assad menimbulkan “ancaman” kepada warga Lebanon yang tinggal di dekat kota-kota perbatasan.

“Sejumlah besar [pemberontak] sedang mempersiapkan untuk menduduki desa yang dihuni oleh warga (syiah) Lebanon,” jadi normal saja kami terlibat memberi bantuan untuk membantu tentara Suriah, seperti komite populer (milisi pro-pemerintah) dan Lebanon,” Nasrallah tambahkan.

“Negara Lebanon tidak mampu melindungi kota-kota Lebanon di dekat perbatasan Suriah.”

“Membela mereka tidak membutuhkan keputusan dari siapa pun. Kami tidak akan meninggalkan warga kota tanpa bantuan. ” (Arby/HK)