Mufti Lebanon Tuntut Gerakan Syiah Ungkap Pelaku Aniaya Ulama Sunni

LEBANON (voa-islam.com) – Selasa (19/03/13) Mufti Lebanon, Syaikh Muhammad Rasyid Qabbani, menuntut agar Hizbullah dan Harokah Amal (dua kelompok Syiah Lebanon) mengungkap para pelaku kasus kekerasan yang menipa ulama Sunni pada hari Ahad.

Mufti itu menyerukan kepada pra ulama untuk membawa kasus ini kehadapan para petinggi keamanan dan politik untuk bertanggungjawab atas peristiwa tersebut. Beliau menganggap bahwa merupakan hasil dari pidato provokator yang dihasut oleh pasukan 14 dan 8 Adzar.

Hal yang demikian beliau sampaikan dalam pernyataan pers setelah pertemuan darurat yang beliau pimpin di Daarul Fatwa Beirut yang dihadiri oleh 150 ulama lebih setelah peristiwa penganiayaan 4 ulama Sunnah di beberapa daerah Beirut yang dikuasai oleh pendukung Hizbullah dan Harokah Amal.

Qabbani menuntut agar pelaku diberikan hukuman yang setimpal di hadapan warga Lebanon. Ia menegaskan bahwa pentingnya kerjasama dengan kekuatan politik Lebanon untuk menjaga kesatuan dan keselamatan Lebanon.

Menteri Pertahanan Lebanon Fayez Ghosn, Menteri Dalam Negri Marwan Syarbil, dan Jaksa Agung Hatem Madi melakukan kunjungan ke Daarul Ifta setelah pertemuan tersebut untuk mengetahui tuntutan Mufti Qabbani dan invetigasi terbaru dalam kasus penganiayaan ulama.