Hamas Tolak Syiah: Palestina Hanya Kenal Madzhab Sunni

ALISLAMU.COM – Kementrian Dalam Negeri di Jalur Gaza, Senin (16/01) kemarin menegaskan bahwa satu-satunya madzhab yang ada di Palestina hanyalah Sunni. Dia mengatakan bahwa tidak ada sedikitpun tempat untuk kegiatan-kegiatan madzhab Syiah.

Dalam pernyataannya, pihak kementrian tidak keberatan dan menerima madzhab-madzhab yang ada termasuk Syiah dan kegiatan-kegiatan mereka. Pihaknya tidak akan ikut campur dalam kegiatan berbagai madzhab tadi. Sebaliknya, mereka juga tidak senang jika madzhab Syiah campur tangan dalam kegiatan dan tradisi rakyat Palestina yang notabene beradzhab Sunni, sebagaimana dilaporkan agen berita Timur Tengah.

Menanggapi insiden penangkapan terhadap sejumlah warga Syiah, Sabtu (15/01) lalu, Kementrian menjelaskan bahwa hal itu dilakukan karena perkumpulan warga Syiah pada saat itu sudah melampaui hukum yang berlaku dan menjurus pada tindak kriminal. Walaupun begitu, pihaknya tetap akan menindak aparat yang bertugas, jika terjadi pelanggaran HAM pada saat penangkapan itu.

Komisi Independen untuk HAM Diwan Al-Madzolim, Ahad (16/01) kemarin di Jalur Gaza menuding aparat kepolisian Palestina melakukan tindak kekerasan atas 20 warga Syiah yang sedang merayakan Arba’iniyah (40 hari) syahidnya Imam Husain. Insiden ini mengakibatkan sejumlah warga Syiah luka-luka.

Komisi Independen juga mendesak Kementrian Dalam Negeri di Jalur Gaza untuk segera menyelidiki serta menindak oknum yang terbukti bersalah dalam kasus ini. (immo/arbi)