Ribuan Warga Aceh Tolak Hotel di Samping Masjid Raya Baiturrahman

REPUBLIKA – Ribuan orang ikut menorehkan tandatangan di atas kain putih sepanjang 200 meter sebagai bentuk penolakan terhadap rencana pembangunan sebuah hotel dan mall di samping masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Kain putih dibentangkan di pagar lokasi yang direncanakan dibangun hotel Best Western.

”Ratusan orang telah menorehkan tandatangan penolakannya,” kata juru bicara Koalisi Peduli Masjid Raya Baiturrahman (KPMRB), Adi Usman Musa, di Banda Aceh, Jumat.

Di lokasi bekas bangunan “Geunta Plaza” yang berdampingan dengan Masjid Raya Baiturrahman itu rencananya juga akan dibangun mall. Rencana pembangunan tersebut mendapat penentangan masyarakat di kota yang mayoritas penduduknya muslim. Masjid Raya Baiturrahman adalah salah satu masjid kebanggaan masyarakat Aceh.

Kain putih yang dibentangkan di lokasi rencana pembangunan hotel dan mall itu ditandatangani jamaah shalat jumat. Masyarakat yang melintas di ruas jalan padat di Kota Banda Aceh tersebut juga ikut memberikan tanda tangan dukungan. (Arbi)