Kelompok Garis Keras Anti Islam Serang Muslim London

REPUBLIKA – Bentrokan terjadi antara pendukung gerakan anti-Islam, yang tergabung dalam Liga Pertahanan Inggris (EDL), dengan kelompok Islam di dekat Masjid London Timur, Whitechapel, Inggris. Saksi mata mengatakan bentrokan tersebut meletus akibat EDL meneriakkan slogan anti Islam ke arah Masjid.

Beberapa saksi mata tersebut juga mengatakan pemuda kelompok EDL itu sebelumnya menghadiri sebuah demonstrasi di wilayah Barking. Kemudian setelah itu, mereka masuk ke sebuah bar di seberang masjid untuk minum. Usai minum-minum di bar tersebut, mereka pun menjadi beringas.

“Mereka memesan banyak minuman dan kemudian tiba-tiba pergi ke dapur serta mengambil beberapa pisau,” kata saksi mata tersebut dalam laman situs abna.ir, Ahad (15/1).

Mereka pun meneriakkan ejekkan terhadap hal-hal yang dianggap suci bagi umat Islam. Sontak masyarakat muslim sekitar Masjid London pun marah. Bentrokan pun akhirnya pecah antara kelompok EDL tersebut dengan masyarakat sekitar masjid. “Massa EDL terus melemparkan botol ke penduduk setempat dan ke arah Masjid.”

Polisi telah menangkap 15 orang yang dianggap sebagai biang kekerasan dari EDL dan pemuda di sekitar masjid di London. Dalam bentrokan tersebut, satu orang terluka berat dan dibawa ke rumah sakit.

“Insiden ini melibatkan ratusan orang,” kata juru bicara polisi. Dia juga mengatakan semua mereka yang ditangkap telah dibebaskan. Sebagian besar mereka adalah anak-anak setempat. (Arbi)