Ratusan Ribu Warga Yaman Ikut Aksi Jum’at “Masnhuruna bi Idzilllah”

Ratusan ribu warga Yaman yang berasal lebih dari 17 ibu kota, di antaranya Shan’a, Taiz dan Ibb, turun ke jalan melakukan aksi Jum’at “Manshuruna bi Idznilllah” tuntut Presiden Ali Abdullah Saleh mundur dari jabatannya.

Beberapa pemuda peserta aksi itu membawa spanduk yang menyerukan agar Presiden Shalih mengundurkan diri dari pemerintahan, seruan itu sebagai ekspresi penolakan mereka terhadap rezim Shalih. Mereka juga memprotes atas distopnya air, listrik dan minyak oleh pemerintah.

Panitia lembaga revolusi damai, Jum’at (12/08), menyerukan kepada warga Yaman untuk ikut berpartisipasi dalam aksi Jum’at “Manshuruna bi Idznilllah”. Setelah mendapat seruan tersebut, ratusan ribu warga Yaman pun ikut turun ke jalan.

Di sisi lain, para pendukung rezim Shalih juga berkumpul di lapangan sab’in di Shan’a untuk membuat aksi tandingan. Aksi yang dinamai Jum’at Mobilisasi Bangsa yang bertujuan untuk menjaga undang-undang pemerintah. Aksi ini meminta supaya rezim Shalih tetap meneruskan jabatannya sebagai presiden hingga masa jabatannya habis pada tahun 2013. (Fani/ist)