Syiah Mesir Bergabung dengan Kelompok Sekuler Untuk Menggulingkan Mursi

Eramuslim.com – Kelompok Syiah di Mesir memutuskan untuk bergabung dengan kelompok sekuler yang berencana untuk menggulingkan Presiden Mesir Muhammad Mursi pada Akhir bulan ini.

Juru bicara Syiah Mesir menjelaskan bahwa hampir dua juta Syiah akan berpartisipasi dalam demonstrasi 30 juni mendatang dalam rangka menjatuhkan Presiden Mursi.

Baha Anwar menambahkan gelombang massa Syiah akan memulai aksinya dari depan masjid Sayeda Zainab. Anwar mengklaim bahwa rezim di Mesir telah menganiaya Syiah dan memaksa mereka berhijrah keluar Mesir, katanya.

Sedangkan oposisi sekuler dan beberapa sisa antek rezim Mubarak telah memulai kampanye atas nama pemberontakan, mereka mengumpulkan tanda tangan untuk penggulingan Presiden Muhammad Mursi, Presiden Terpilih pertama setelah revolusi.

Namun beberapa pendukung Presiden Mursi juga telah memulai kampanye dukungan dengan mengumpulkan tanda tangan dan sejauh ini telah terkumpul 10 juta tanda tangan yang menunjukkan dukungan terhadap Presiden Mursi.

Sebelumnya Kairo telah menyaksikan ribuan massa menggelar unjuk rasa yang dipelopori oleh gerakan islam di Mesir, dalam rangka mendukung rakyat suriah, dimana disela unjuk rasa tersebut mereka juga mengumumkan dukungan mereka terhadap Presiden Mursi serta mengutuk segala upaya pemberontakan atau kudeta.