Tata Cara Shalat Sesuai Sunnah

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saya anak muda yang masih mencari bagaimana tata cara shalat dengan benar sesuai tuntunan Rasulullah, tapi saya masih bimbang melaksanakannya karena di luar sana masih ada pemahaman yang berbeda-beda. Sewaktu kecil hingga sekarang saya belajar mengaji dengan guru ngaji yang aliran dan pemahamannya berbeda-beda sehingga membuat saya tidak menemukan titik temu bagaimana melaksanakan shalat dengan benar sesuai apa yang Rasulullah ajarkan kepada para sahabatnya dahulu. Terimakasih karena mau mendengarkan kebimbangan saya.

Wassalammualaikum wr.wb

Saidin (Jl. Sukajaya)

Jawaban:

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah wash shalah wassalam ala Rasulillah, amma ba’du..

Shalat adalah merupakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Dan semua ibadah, termasuk shalat tidak akan diterima oleh Allah kecuali setelah memenuhi syarat dua syarat:

PERTAMA: Ikhlas hanya untuk Allah saja. Allah berfirman:

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاء وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan keta’atan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus , dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat. dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Al Bayyinah : 5)

KEDUA: Mengikuti petunjuk Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Rasulullah besabda:

من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد

“(Barangsiapa yang melakukan dalam agama kami sesuatu yang bukan dari ajarannya, maka ia tertolak” [Hadis Riwayat Bukhari]

Beliau bersabda lagi,

صلوا كما رأيتموني أصلي -رواه البخاري

“Shalatlah kamu seperti yang kamu lihat saat aku mengerjakannya” (HR. Bukhari).

Kesimpulannya adalah, bahwa shalat seseorang tidak sah kecuali mengikuti tata cara yang diajarkan oleh Rasulullah. Dan yang demikian tidak dapat diketahui kecuali dari jalan sunnah-sunnahnya.

Banyak sekali kitab-kitab yang saudara dapat jadikan pegangan. Untuk memudahkan, saudara bisa mencari kitab Tata Cara Shalat Nabi, karya Syaikh Al Albani rahimahullah.

Wallahu A’lam

Kirimkan pertanyaan Anda di sini

Arsip Konsultasi