Tempat Kembali Anak Orang Mukmin yang Meninggal di Waktu Kecil

Kemana tempat kembalinya anak-anak orang mukmin dan anak-anak orang musyrik yang mati pada waktu kecil?

Jawaban:

Anak-anak orang mukmin tempat kembalinya adalah surga, karena mereka mengikuti kedua orang tua mereka, seperti yang difirmankan Allah, “Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubingkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.” (Ath-Thuur:21)

Sedangkan bayi orang-orang non Mukmin, yaitu bayi-bayi yang tumbuh di pangkuan orang tua yang tidak beragama islam, menurut pendapat yang paling benar dalam hal ini adalah: hanya Allah yang lebih tahu atas apa yang mereka kerjakan. Tetapi dalam hukum dunia, mereka¬† diberlakukan sama seperti kedua orang tua mereka, adapun hukum akhirat, Allah lebih mengetahui atas apa yang mereka kerjakan, seperti yang disabdakan Nabi saw. Hanya Allah-lah yang mengetahui tempat kembali mereka, itulah pendapat kami. Masalah itu sebenarnya masalah yang tidak banyak kita perhatikan, sedangkan yang perlu kita perhatikan adalah hukum mereka di dunia. Hukum anak-anak orang musyrik di dunia sama seperti orang-orang musyrik dewasa, tidak dimandikan, tidak dikafani, tidak dishalati dan tidak dikubur di kuburan orang-orang Islam. Wallahu a’lam.

Sumber: Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin, Fatawa arkaanil Islam atau Tuntunan Tanya Jawab Akidah, Shalat, Zakat, Puasa, dan Haji, terj. Munirul Abidin, M.Ag. (Darul Falah 1426 H.), hlm. 119.