Buku Syiah Nyelip diantara Buku-buku Anak, di Pesta Buku Bandung

BANDUNG, muslimdaily.net – Pemburu buku murah beramai-ramai menyesaki Landmark Convention Hall Braga sejak Rabu(13/2). Pasalnya Pesta Buku bertajuk “Sunda Maca, Sunda Nanjung” (baca: Sunda membaca, Sunda eksis-red) ini menawarkan diskon hingga 70%. Pameran kali ini diikuti oleh penerbit-penerbit yang tergabung dalam Ikatan Penerbit Indonesia wilayah Jawa Barat. Mulai dari Al Quran, buku motivasi keagamaan, buku anak, buku pemikiran sosialis, sampai buku Syiah bisa didapat oleh para pengunjung di sana.

Seperti yang disebutkan oleh Jalaludin Rahmat melalui Tempo, “Bandung adalah kota yang memiliki kantor Syiah terbesar di Indonesia sebelum Makassar dan Jakarta.” Merupakan sesuatu yang wajar jika buku-buku Syiah beredar di Bandung. Penerbit buku-buku Syiah menawarkan buku mereka dengan harga cukup murah. Anehnya, buku tersebut bergabung dengan buku anak-anak.

Saat ditanya soal peredaran buku Syiah, Endang, salah satu pengunjung mengaku kaget. “Saya nggak terlalu tahu tentang Syiah, tapi memang agak merasa aneh ada buku ini di antara buku anak-anak,” ujarnya yang merupakan mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling di Universitas Pendidikan Indonesia.

Buku Syiah yang membahas soal Husain juga beredar di tumpukan buku-buku yang dapat diperoleh dengan harga 5 ribu rupiah. Buku-buku ini bertebaran bersama buku yang membahas aliran Qiyadah Al Islamiyah.

Pameran buku murah ini akan berakhir Selasa(19/2). Selain mencari buku yang berharga rendah, pengunjung sebaiknya menyeleksi buku yang akan dibelinya agar tidak terjebak dengan buku islami yang ternyata berisi tentang Syiah.[Ind]