Ulama Syiah:Jika Kehilangan Suriah, Kami Tak Bisa Pertahankan Teheran

IRAN.(voa-islam.com) – Jum’at (15/02/13) seorang ulama Syiah melontarkan statmen yang memicu kemarahan luas di kalangan politik, di mana ia menyatakan bahwa Suriah sebagai propinsi Iran no 35. Ia menganggap bahwa urgensinya lebih besar dibandingkan Ahwaz yang memiliki populasi Arab terbanyak di Iran.

Mahdi Thaib, yang mengepalai kantor pusat “Ammar Strategis” untuk pemberantasan perang melawan Republik Iran, mengatakan jika mereka kehilangan Suriah, maka mereka tidak bisa mmempertahankan Teheran. Tapi kalau Iran kehilangan Khuzestan Ahwaz, mereka masih bisa untuk mengembalikannaya jika tidak kehilangan Suriah.

Iran Harus Bantu Rezim Suriah Dalam Strategi Perang

Ulama Syiah yang dekat dengan pemerintah Teheran itu menegaskan pentingnya system pemerintaha di Suriah untuk Teheran. “Jika kita bisa menjaga Suriah, maka kita bisa mengembalikan Khuzestan” tegas Mahdi.

Mahdi Thaib juga menegaskan pentingnya mendukung rezim Bashar Al-Asad dalam mengemudikan perang di kota – kota. “Pemerintah Suriah memiliki tentara, tapi ia membutuhkan strategi perang kota Suriah. Maka dari itu, Pemerintah Iran harus mengusulkan untuk pembentukan pasukan yang akan memobilisasi perang kota.. jumlah personelnya sekitar 60 tentara yang akan memainkan perang di jalan – jalan kota melawan FSA” tutur Mahdi.[usamah/imo