Perayaan “ Assyuro” Syiah di Karbala Mencapai 3 juta Orang

Eramuslim.com – Jutaan peziarah Syiah dari Irak, negara-negara Arab dan orang asing lainnya merayakan Asyura di Karbala pada hari Minggu, dan keamananpun di perketat

Sabtu malam prosesi syiah di Karbala menyebar dan menggema melalui pengeras suara nyanyian yang dikenal sebagai “Alradud” lagu menceritakan biografi Imam Hussein, disertai oleh sekelompok pria yang memukul dada atau punggung mereka sendiri dengan rantai dengan ketukan drum.

Ratusan laki-laki dan pemuda dalam prosesi yang dikenal sebagai “Altatber” di mana mereka membenturkan kepala mereka dengan pedang sebagai ungkapan tragedi yang di alami Imam Hussein di karbala.

Setelah prosesi itu, ratusan ribu pengunjung berpakaian hitam dan duduk di kuil yang mereka namakan kuil Hussein dan Abbas, sambil mendengarkan kisah penderitaan yang dialami oleh Imam Husain dalam pertempuran.

“jumlah pengunjung yang datang ke Karbala untuk melakukan upacara sebesar dua juta pengunjung, termasuk sekitar 200 ribu orang Arab dan pengunjung asing yang datang dari 36 negara.”kata Gubernur Karbala, mengatakan kepada kantor berita AFP

Gubernur memperkirakan bahwa jumlah peserta dalam upacara itu tiga juta.

Sementara itu,menurut sumber keamanan setempat mengabarkan pasukan keamanan Irak terdiri dari tentara dan polisi serta prosedur keamanan yang ketat dilibatkan dalam mengamankan seluruh kota dan jalan-jalan utama yang menuju ke karbala.

Ini adalah tahun ketiga yang mana pasukan Irak sebagai penanggung jawab atas pemeliharaan keamanan di ulang tahun ini (asyuro) , sebelumnya kemanann ini diserahkan kepada pasukan AS ketika mereka masih ‘menjajah’ negri tersebut. Pasukan kemanan di daerah tersebut merasa bangga karena merasa perayaan Assyuro ini berjalan dengan lancar.