Sungguh Kontras, Saudi Adakan Festival di Saat Suriah Menderita

ALISLAMU.COM, RIYADH – Syaikh Nasheer Omar mengkritik festival Janadriyah yang di adakan di Arab Saudi. Janadriyah merupakan festival tahunan pameran kebudayaan kerajaan Arab Saudi yang sudah diadakan sejak tahun 1986 masehi, dinamakan Janadriyah karena tempat berlangsungnya festival ini berada di desa Janadriyah.

Syaikh Nasheer Omar menganggap bahwa festival yang berisi berbagai hiburan dan sendau-gurau tersebut sangat kontras dengan keadaan umat Muslim yang sedang dibantai di Suriah. Kaum Muslim di suriah sedang mengalami kesulitan dan kepedihan, maka tidak selayaknya Muslim yang lain malah bersenang-senang dengan kegiatan yang tidak banyak mengandung manfaat.

Pada akun pribadi beliau di salah satu situs jejaring sosial, twitter, beliau menyatakan, “Tarian di festival Janadriyah sedangkan darah tertumpah di Suriah.” Syeikh Omar juga menyinggung mereka dengan mengutip ayat “Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar” (Saba’: 16), “Tadaburilah ayat di atas” tegas beliau.

Beberapa hari lalu, Syaikh Shalih Luhaidan seorang ulama besar Saudi juga telah memperingatkan kaum wanita untuk tidak menghadiri festival Janadriyah. Menurut beliau, acara festival tersebut bukan ajang yang bagus untuk wanita, tidak seperti hari-hari raya dalam Islam. (almhsr/fayyadh)