Polisi Teheran Kembali Larang Muslim Sunni Lakukan Shalat Ied

Sebuah laporan mengungkapkan bahwa polisi keamanan kota metropolitan Teheran menghentikan warga Muslim Sunni untuk melakukan shalat Idul Fitri pada 31 Agustus 2011 lalu.

Situs “SunniOnline” melaporkan bahwa Kepolisian Teheran mengerahkan pasukannya untuk mengepung rumah-rumah tertentu di mana jamaah Sunni ingin mendirikan shalat Idul Fitri. Polisi Teheran memblokade orang-orang dari memasuki pintu rumah tempat akan diselenggarakannya shalat Ied.

Menurut sumber SunniOnline, komunitas muslim Sunni di Teheran telah menetapkan beberapa rumah untuk tempat melaksanakan shalat Idul Fitri di kota tersebut yang kemudian diidentifikasi oleh polisi Teheran dan diblokir. Pihak aparat keamanan menahan kartu identifikasi penduduk rumah penyelenggara shalat Ied.

Beberapa laporan menunjukkan bahwa aparat keamanan Teheran melarang shalat warga Sunni Idul Fitri di kota-kota lain Iran di mana warga Sunni dalam kondisi minoritas.

Harus dicatat bahwa komunitas muslim Sunni Teheran tidak memiliki masjid untuk melakukan shalat lima waktu, tidak ada tempat khusus bagi kaum Sunni untuk mendirikan shalat Idul Fitri maupun shalat Jumat, sehingga memaksa mereka menyewa beberapa rumah untuk melakukan shalat Ied maupun shalat Jumat. (Fani/erm)