Saudi Sumbang Ratusan Milyar Untuk Somalia

Kampanye nasional penggalangan dana untuk Somalia di Saudi, Senin (22/08), yang digagas oleh Raja Abdullah berhasil mengumpulkan dana dengan total 90 juta real atau sekitar Rp. 213.300.000.000, hanya dalam waktu sehari. Selain juga masih ada sumbangan ratusan ton kurma, makanan dan obat-obatan.

Setelah penggalangan dana terkumpul maka dana akan segera disalurkan ke Somalia melalui menteri dalam negeri. Dalam penyalurannya Saudi akan bekerjasama dengan organisasi-organisasi internasional, seperti PBB, dan juga bekerjasama dengan LSM di Somalia untuk memastikan bantuan sampai kepada orang yang berhak.

Pemimpin Arab Saudi Raja Abdullah ikut menyumbang 20 juta riyal atau setara lebih dari 45,5 milyar rupiah, Senin (22/8).

Pangeran mahkota Sultan bin Abdul aziz Al Saud, yang menjabat wakil perdana menteri dan menteri pertahanan serta inspektur jenderal otoritas penerbangan, memberikan donasi sebesar 10 juta riyal.

Sementara Pangeran Naif bin Abdul Aziz Al Saud, wakil kedua perdana menteri dan menteri dalam negeri, menyumbang uang sebesar 5 juta riyal.

Kampanye nasional penggalangan dana kemanusiaan bagi korban kelaparan di Somalia digagas oleh Raja Abdullah dan dimulai pada hari Senin ini (22/8).

Di bawah pengawasan Menteri Dalam Negeri Pangeran Naif bin Abdul Aziz Al Saud, warga Arab Saudi dan para ekspatriat mengumpulkan uang untuk membantu rakyat Somalia, yang sedang mengalami bencana kelaparan akibat kemarau yang berkepanjangan dan konflik horisontal.

Turut mendukung kampanye itu adalah media-media massa resmi pemerintah Saudi seperti Channel 1, Radio Riyadh, Radio Jeddah dan Radio Nida’a Al Islam.

Beberapa rekening bank disiapkan pemerintah untuk menampung donasi dari para dermawan di seluruh negeri. (Fani/aby)