Pemberontak Tak Tahu Persembunyian Qadhafi

Ketua Dewan Transisi Nasional Mustafa Abdul Jalil kepada televisi Al Arabiya hari Senin (22/8) mengatakan bahwa tidak ada yang mengetahui di mana keberadaan pemimpin Libya Muammar Qadhafi.

Abdul Jalil juga menegaskan, tidak ada negosiasi yang dilakukan antara para pemimpin kelompok pemberontak dengan Mahkamah Kejahatan Internasional di Den Haag tentang Saif Al Qadhafi, yang kini ditawan kelompok pemberontak Libya.

Seorang pejabat Mahkamah Kejahatan Internasional sebelumnya mengatakan bahwa sedang dilakukan pembicaraan antara pihaknya dengan kelompok pemberontak mengenai pengiriman Saif Al Islam ke mahkamah internasional itu.

Gaddafi Berada di Rumah Sakit di Luar Kompleks Bab Al-Aziziyah?

Diktator Libya Muammar Gaddafi yang rezimnya berjuang untuk bertahan hidup melawan pemberontakan rakyat, dilaporkan berada di sebuah rumah sakit di luar kompleks Bab Al-Aziziyah, menurut laporan yang belum dikonfirmasi.

Gaddafi dikatakan berada di rumah sakit di Tajoura, pinggiran kota timur Tripoli, menurut laporan yang disampaikan oleh Al-Arabiya TV dan situs yang berbasis di London Elaph.

Keberadaan pasti diktator Libya saat ini masih belum diketahui, menurut pernyataan resmi dari Dewan Transisi Nasional oposisi Libya.

Namun, telah ada sejumlah informasi di beberapa jam terakhir yang mengatakan bahwa Gaddafi saat ini di luar kompleks di Bab al-Aziziya, yang masih di tangan para loyalis Gaddafi tetapi di bawah serangan berat oleh para pemberontak.

Sementara itu, pemberontak Libya kepada TV Al-Jazeera yang berbasis di Doha telah melaporkan bahwa pasukan pro-Gaddafi “tanpa pandang bulu melakukan penembakan” di daerah sekitar Tripoli dari kompleks Bab Al-Aziziya. (Fani/aby)