Hindari Pemalsuan, Madinah Akan Dirikan Pusat Distribusi Air Zamzam

Menteri Urusan Air dan Listrik Arab Saudi, Abdullah Al-Hussayen, mengungkapkan rencananya untuk membangun sebuah distribusi air Zamzam di dekat Masjid Nabi di Madinah. Langkah ini dilakukan, antara lain untuk menghindari pemalsuan atas air berkadar mineral tinggi dari sumur zamzam itu.

“Tender untuk mengimplementasikan proyek akan dibuka dalam waktu dua minggu,” katanya setelah membuka sistem distribusi otomatis dan gudang pusat air Zamzam di Jeddah, Ahad.

Sistem distribusi adalah bagian dari Proyek Air Zamzam Raja Abdullah senilai lebih dari 700 juta riyal.

Berbicara kepada wartawan setelah upacara pembukaan, menteri mengatakan 42 outlet telah disiapkan untuk distribusi setiap hari air suci itu. Air ini disiapkan bagi para jamaah haji dan umrah.

“Botol-botol air Zamzam yang diambil langsung dari pabrik pembotolan ke gudang utama yang dapat menampung 1,5 juta botol. Kemudian akan diberikan secara otomatis di pusat-pusat distribusi,” kata Al-Hussayen.

“Kami akan memastikan bahwa semua botol air Zamzam diisi dan ditutup secara higienis,” ujarnya. Outlet distribusi akan bekerja 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu.

“Kami telah menyiapkan area khusus untuk membungkus kaleng air Zamzam dan botol untuk jamaah dengan aman saat kembali ke negara asal mereka dengan pesawat,” kata menteri. (Fani/rpb)